Cara mengemat pulsa Gadget OS Android

Awal menggunakan HP Android, tentunya senang dan terkagum-kagum dengan kemampuan hp tersebut. Bahkan mungkin kita juga sudah tidak sabar ingin segera menikmati berbagai fitur dan jutaan aplikasi yang disediakan untuk hp android. Hanya saja, kita juga harus menerima kenyataan bahwa android merupakan hp yang membutuhkan koneksi internet 24 jam. Android tanpa internet hanya akan membuat android tersebut seakan kehilangan identitasnya.
Trik yang bisa kita lakukan agar hp android kita bisa hemat pulsa.
  • Beli paket internet unlimited. ini tergantung dari operator seluler masing-masing. silakan tanyakan di call center operator seluler anda tentang paket internet yang mereka sediakan. atau anda juga bisa kunjungi website mereka untuk mencari informasi terkait.
  • Matikan fitur mobile data. Di HP android, kita bisa dengan bebas menonaktifkan atau mengaktifkan fitur mobile data seperti 3G/GPRS/HSDPA dsb. Caranyapun cukup mudah. Cukup masuk ke Setting > Wireless & Network > Mobile Networks > hilangkan centang pada Data enable. Untuk Opsi tambahan, coba turunkan scroll ke bawah, anda akan melihat pilihan “use only 2G networks“. Jika anda mengaktifkannya, artinya yang hidup hanya sinyal 2G saja (HSDPA, GPRS, EDGE), alias 3G tidak hidup.
  • Matikan sinkronisasi otomatis. bukan android namanya kalo ketika pertama kali hp anda dihidupkan, dia tidak meminta data login Google Account anda, terutama gmail. Untuk menjaga agar kita selalu mendapat update dari gmail di device android kita, google secara default mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Artinya, dengan frekuensi waktu tertentu, android akan melakukan sinkronisasi otomatis ke akun google kita. Dan ini akan menyedot pulsa. Terlebih lagi jika kita sudah menambahkan akun2 lain untuk disinkron, seperti twitter, facebook, dan lain-lain. Maka penyedotan pulsapun akan berjalan dengan amat derasnya :p. Cara memadamkannya adalah dengan masuk ke setting >accounts & sync > jangan centang Auto-sync.
  • Telitilah menggunakan aplikasi online. terkadang ada game atau aplikasi yang kita instal membutuhkan koneksi internet. misalnya seperti aplikasi google maps, twitter, facebook, dan lain-lain. perhatikan dibagian setting aplikasi tersebut. apabila ada pilihan untuk mematikan fitur notifikasi otomatis, maka pergunakanlah sebaik mungkin. misalnya pada aplikasi twitter for android ada pilihan pengaturan interval waktu untuk notifikasi ada twit atau metion baru. artinya selama interval waktu itu, aplikasi tersebut akan menggunakan internet untuk memeriksa notifikasi untuk kita. dan ini tentu menggunakan pulsa internet. so, pinter-pinter kita aja setting interval alert atau memadamkannya.
  • Manfaatkan WiFi. jika anda sedang berada di zona free wife, manfaatkan dengan sebaik-baiknya. padamkan mobile data (trik no. 2), dan aktifkan fitur WiFi yang ada di device android kita. menggunakan wifi untuk keperluan auto-sync, download aplikasi di market, Facebook, twitter, dan aktifitas internet lainnya tidak akan menyedot pulsa.

0 commentaires:

Posting Komentar